Bawaslu Akhirnya Buka Suara Benarkan Surat Suara Sudah Tercoblos Capres 01 di Malaysia

SWARAKYAT.COM - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja menegaskan, video surat suara tercoblos di Selangor, Malaysia, bukan berita bohong.

Kejadian ini ditemukan oleh petugas Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kuala Lumpur.

"Dari perbincangan yang ada ini bukan hoaks," kata Bagja saat dihubungi, Kamis (11/4/2019).

Kemudian, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meminta pelaksanaan Pemilu 2019 di Malaysia dihentikan usai beredar video di media sosial penemuan surat suara tercoblos untuk paslon 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar mengonfirmasi kebenaran video itu. Ia menyebut surat suara itu ditemukan oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur.

"Kami akan meminta KPU menghentikan pemungutan suara di seluruh Malaysia untuk sementara," kata Fritz saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (11/4/2019).

Fritz menyebut penghentian harus dilakukan sampai ada semua terbukti bahwa ada atau tidak ada tindakan kecurangan terstruktur, sistematis, dan masif.



Ia menyebut sebelumnya Bawaslu sudah meminta KPU untuk mengawasi kinerja PPLN kurang baik. Kejadian ini menjadi buktinya.

"Meminta KPU segera melakukan evaluasi kinerja. Terbukti PPLN tidak melaksanakan tugas dengan benar," tegas dia.

Sebelumnya, di media sosial beredar penemuan belasan karung surat suara di Kuala Lumpur, Malaysia. Terlihat surat suara telah tercoblos untuk Jokowi-Ma'ruf dan Partai Nasdem.

Sumber: CNNIndonesia
loading...

57 Responses to "Bawaslu Akhirnya Buka Suara Benarkan Surat Suara Sudah Tercoblos Capres 01 di Malaysia"

  1. Di cek kebenarnya bisa jadi ada kubu sebelah yang sengaja soal surat suara itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kubu sebelah siapa yah...

      Hapus
    2. Wkkk kubu sebelah yang mana???
      Bodoh jangan dipelihara.

      Hapus
    3. ketakutan yg amat sangatkubu 01

      Hapus
  2. Bisa jadi ini fitnah yg sengaja di buat untuk menjatuhkan 01.. Saya percaya pak jokowi orang yg jujur dan bisa di percaya.. Namun saya tdk percaya bahwa pesaingnya adalah org jujur..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buktikan kalau fitnah

      Otak tuh di Pake

      Hapus
    2. Bisa jadi ini kecurangan yg sengaja di buat untuk menjatuhkan 01.. Saya juga percaya pak prabowo orang yang jujur dan bisa dipercaya.. Namun saya tdk percaya bahwa pesaingnya adalah org jujur..

      Hapus
    3. Buktikan kalau fitnah

      Otak tuh di Pake

      Hapus
    4. Wkkwkwkw yg biasa buat fitnah siapa ya? Tuh 2014 jg banyak video kecurangan. tp tetep aja cebong ngehek buta dan tuli.

      Hapus
    5. Saya tau pk jokowi orangya jujur, baik nan sabar. Tp dikeliling bliau itu lo yg kami tidak suka, Faham kau..

      Hapus
    6. Jujur apanya....๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    7. msh ajh ngles duhhhh...

      Hapus
  3. Bisa jadi ini fitnah yg sengaja di buat untuk menjatuhkan 01.. Saya percaya pak jokowi orang yg jujur dan bisa di percaya.. Namun saya tdk percaya bahwa pesaingnya adalah org jujur..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar...Jokowi jujur, tapi orang2 disekitarnya yg rakus akan jabatan, menghalalkan semua cara. Akui & bertaubatlah !!!

      Hapus
  4. Bisa saja Tim dr kubu 01 yg merencanakanx ... karna kejar kedudukan segala macam cara bisa di lakukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk dapat ikan harus pake umpan... yg berbuat dia org lain yg di tuduh..... menghalalkan cara

      Hapus
    2. miris, mau 2 periode gini amat caranya.. picik

      Hapus
  5. Jokowinya jujur, tapi antek2nya yg tak jujur

    BalasHapus
  6. Jangan pilih pemimpin yang memberi ruang kepada komunis kafirrrrrrrrrrr. cara2 komunis dah jelas jualan fitnah dan adu domba. Licik bagaikan setan lagi mabok

    BalasHapus
  7. jokowi jujur tp antek2 yg berdiri di blkang jokowi apakah mereka jujur.
    yg baru tertangkap KPK misalanya...

    BalasHapus
  8. ini dia mau bertanding tp tak mau disaingi

    BalasHapus
  9. Saya Do'a Kan kepada pihak pihak yg curang dalam pemilihan pilpres mau dari kubu manasaja mau ataupun Panitianya

    Agak di susahkan hidup dan matinya
    Dan di azab seberat beratnya dunia maupun Akhirat Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiinnn..insyaAllah yg curang di laknat Allah.

      Hapus
  10. dari video kan jelass.. ditanya Kronologinya bagaimana sampai ada surat suara ditempat dan sudah tercoblos...
    yang menemukan berkata ada info dari masyarakat...
    1. masyarakat mana?
    2. yang menemukan itu Relawan kubu siapa?
    3. itu sengaja diCoblos... atau sudah di Coblos....???? sebelum melapor...

    jangan sampai ada fitnah yang terstruktur.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap nah kek gini harusnya netizen bijak menanggapi isu2 yang mungkin belum terbukti kebenarannya. Mungkin ini perbuatan ratna sarumpaet yang lain.

      Hapus
    2. Di video yg tersebar yg grebeg malah ngobrol sm emak emak yg nyoblos eeeeh hbs tu malah di anjurin kabur ntr polisi dtg..polisi dtg..

      Kyk sinetron ya??..

      Smoga cpt terungkap

      Hapus
  11. Cebong itu goblok susah di jelasin

    BalasHapus
  12. Jangan macam macam dg hukum Alloh,kelicikan akan di buka

    BalasHapus
  13. PIKIR pakai otak sehat statemen saya ini:
    BUAT APA GUNANYA Kubu oposisi membuat fitnah seperti itu????

    Jawab? Ada ebong yang bisa jawab tak?
    Yg panik tu elu... bukan oposisi.. Aneh... wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hanya kecurangaan yg bisa mengalahkan prabowo sandi


      Hapus
    2. Ya buat terpilih lah jadi presiden lah. Dikira lo doang yg punya otak? Wkk
      Terus gua tanya apa gunanya kubu 01 gebukin ratna sarumkampret?

      Hapus
    3. Sudah sarapan hoaq kan kampreters hr ini???...

      Jurus pilgub jkt tk laku tuk rakyat indonesia...

      Kluarlah jurus curang lainya ...beginilah nafsunya pgin gnti presiden๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

      Hapus
  14. Saya berdoa siapapun yg berlaku curang semoga keluarga 7 tirunan di adzab oleh ALLOH disusahkan hidupnya...di sial kan hidupnya sesial sial nya...bentuk dan rupa wajahnya tdk sempurna jika memiliki keturunan...tidak di beri rezeki...selalu susah hatinya mati hatinya...tdk bisa berfikir otaknya matinya masuk neraka jahanam

    BalasHapus
  15. Bukti sudah ada, terus sie cebong bilang sambil menutup telinga dan mata "pak Jokowi di fitnah", "Tim pak jokowi gak jujur", ngakak gua. Cebong", kenyataan itu memang berat untuk diterima.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sob..

      Bukti nya emak emak saat penggrebegan malah dsaranin pergi cpt pergi ntr polisi dtg...

      Kyk sinetron ya???
      Yg grebeg dia
      Yg suruh pergi si pencoblos dia..mikiiiir

      Hapus
    2. Betul sob..

      Bukti nya emak emak saat penggrebegan malah dsaranin pergi cpt pergi ntr polisi dtg...

      Kyk sinetron ya???
      Yg grebeg dia
      Yg suruh pergi si pencoblos dia..mikiiiir

      Hapus
  16. Udah sangat jelas.tp msh aja dibela.parahnya smua info malah dibilang fitnah.dimana akal sehatnya.

    BalasHapus
  17. Kenapa ya pendukung 01 merasa slalu benar. Mungkin 01 orang kaya semuanya x ya?. Atau orang orang keturunan malaikat semua. Terus trang sy malu punya presiden jokowi.

    BalasHapus
  18. Makin hancur indonesia.
    Nampak kecurangan nya dah.
    Kyk gni mw d jadikan presiden 2 periode
    Maen curang
    Jgn2 dlu maen curang ya
    Curiga gw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya org org yg minim prestasi tpi memaksakan diri memimpin terbiasa main curang...fitnah...

      Hapus
  19. Haahah cuman bisa ngakak, pake akal sehat kalian,sudah jelas vidio nya,masii ajah ngeles d fitnah,,,

    BalasHapus
  20. Gkgkgk akhirnya terbongkar sudah kelicikan mereka...hmmm ayo mongomong apalagi hahh!!!๐Ÿ˜ฆ
    Itu baru diMalaysia...LN yg laenya mari kita kawal wahai sahabat PAS 02๐Ÿ‘‰✌๐Ÿ‘ˆ

    BalasHapus
  21. Brunei darusallam 02 siap kawal.
    tgl 14. smoga tidak kecurangan

    BalasHapus
  22. Teriak maling ayam ... Ayam nya ketangkap malingnya ntah dimana.. Aneh bin ajain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nmanya jg ekting om...๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

      Yg grebeg dia
      Yg nyuruh si pencoblos ninggalin tpt jg dia....๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

      Hapus
    2. Nmanya jg ekting om...๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

      Yg grebeg dia
      Yg nyuruh si pencoblos ninggalin tpt jg dia....๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

      Hapus
  23. Woi..,Baca britanya yang bener,jadi g salah tafsir... Bawaslu meminta kpu untuk menghentikan sementara (karna sedang menyelidiki)... Belum membenarkannya kampret...!!!

    BalasHapus
  24. Yg jelas surat suara yg udah tercoblos ga mungkin cuma buat bungkus nasi,
    Mau di pake apa..?
    Jwab nya ada di otak waras

    BalasHapus
  25. Kita tunggu hasil penyelidikan ...

    BalasHapus
  26. Ya Allah... Lindungilah negeri ini. Amien

    BalasHapus
  27. Kita tunggu Bawaslu bekerja, buktikan siapa dalang dari semua ini,,
    #saveNKRI

    BalasHapus
  28. Sudah benar nyata terjadi masih juga bilang fitnah...
    Baca berita biar otak kalian yg ngomong itu fitnah...
    Surat suara nyata tercoblos dan di duga di lakukan pihak pro paslon no 1
    Jadi orng jangan tolol bin dungu

    BalasHapus
  29. Kok pemilu kali ini serem ya senjatanya hoax fitnah dimana-mana
    Sekarang pesta demokrasi pilpres 2019 bung jngan mlah menakut"i rakyat yg punah lah yg diperkosa lah jngan lah gitu kita harus berpastisipasi gembira ria memeriahkan acara pilpres 2019
    Optimis Indonesia maju ��

    BalasHapus
  30. Stiap pemimpin yg tidak mau jatuh, ataw di turunkan, karna kebohongn yg telah mendarah, mka akan susah..
    Maka mnghalalkan segala cara.
    Ulama tlah mgtakn pemimpin pendusta akn mnjadi sumber kehancuran..
    Mka buka hati buka mata, gmna hati berkata saja..
    Partai yg mmg sehati,
    Tiggl lihat partai mana yg ingin pelajaran agama islam disekolah" dihapus..
    Azan dikecilin, mesjid di tutup, dll..
    Tidak tau klw smpt brkuasa mugkin islam hilang..
    Silahkan fikir dan cari kbenaran sendiri masing..
    Jgn saling mnjatuhkn / sampai timbul pertikaian antar sesama.

    BalasHapus
  31. di diskualifikasi aja udah jelas main nya curang pakek coblos segala ,di negara orang lagi malu maluin bangsa indonesia ,DASAR TUKANG BOHONG

    BalasHapus