Benarkah PDIP Sengaja Suruh Orang untuk Bakar Benderanya saat Demo? - SWARAKYAT MEDIA

Benarkah PDIP Sengaja Suruh Orang untuk Bakar Benderanya saat Demo?

Benarkah PDIP Sengaja Suruh Orang untuk Bakar Benderanya saat Demo?

SWARAKYAT.COM
- Beredar video seorang pria diduga pelaku pembakar bendera Partai PDIP saat demo tolak RUU HIP di Gedung DPR RI pada Rabu (24/6/2020). Pelaku disebut-sebut merupakan orang suruhan dari PDIP.

 

Video tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Laki. Dalam video berdurasi satu menit tersebut memperlihatkan seorang pria tengah duduk dan diinterogasi oleh beberapa orang lainnya.

 

Hingga saat ini, sebaran akun Laki telah dibagikan sebanyak satu kali dan mendapat 33 komentar dari pengguna Facebook lainnya.

 

Berikut isi narasinya:

 

"Nemu vidio di pos di grup. Apa ini bener? Kalo bener .. K napa pdi p segitunya kalo bikin sekenario .. apa ini sama dg mobil smk dan foto di lobang got.."

 

Pada bagian cover video, nampak tulisan yang menyebutkan pelaku orang suruhan PDIP. Berikut isi narasi cover video"

 

"PDIP menyuruh orang untuk membakar bendera PDIP".

 

Benarkah klaim tersebut?

 

Penjelasan

 

Berdasarkan penelusuran klaim PDIP menyuruh orang untuk membakar bendera PDIP yang diunggah tersebut merupakan video lama dan tidak ada kaitannya dengan pembakaran bendera PDIP.

 

Saat dilakukan pencarian fakta melalui mesin pencari gambar milik Google, diketahui bahwa gambar serupa pernah digunakan oleh beberapa media untuk memberitakan kejadian pada tahun 2018.

 

Pria dalam video tersebut adalah terduga pelaku perusak baliho penyambutan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono di Pekanbaru. Tak hanya baliho SBY, pelaku juga merusak sejumlah atribut Partai Demokrat.


Kesimpulan

 

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan, klaim PDIP menyuruh orang untuk membakar bendera PDIP di demo tolak RUU HIP adalah misleading content. Mengutip pernyataan bang pigai, membakar bendera tidak boleh, tapi lebih jahat adalah yang mengubah pancasila. Ayo kita dukung aparat untuk menangkap dalang dibalik makar terhadap pancasila. Karena itu jauh lebih berbahaya.

loading...