[CEK FAKTA] Hari Ini Jalanan Macet Disebabkan Mobil ESEMKA Sudah Beroperasi - SWARAKYAT MEDIA

[CEK FAKTA] Hari Ini Jalanan Macet Disebabkan Mobil ESEMKA Sudah Beroperasi

[CEK FAKTA] Hari Ini Jalanan Macet Disebabkan Mobil ESEMKA Sudah Beroperasi

SWARAKYAT.COM
- Beredar sebuah narasi yang menyebutkan mobil Esemka mulai beroperasi di jalanan dan membuat macet. Narasi ini beredar di media sosial facebook.

 

Adalah akun facebook bernama Ady Herwan yang mengunggah narasi ini pada 26 Juni 2020. Berikut isi narasi unggahan tersebut.

 

"Hari ini macetnya luar biasa dan ternyata yg membuat macet adalah mobil ESEMKA yg sudah beroperasi, bagaimana di daerah kalian??Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?Happy Inspire Confuse Sad

 

Unggahan ini mendapatkan respon cukup banyak dari 467 warganet. Serta mendapatkan 403 komentar. "Macet kerena mobilnya mogok ditengah jalan, menghalangi yang lain," komentar akun bernama Aki Odjat.

 

"Esemka mobil ghoib," tulis akun Wiwik Triawiarti.


Penelusuran:

Dari hasil penelusuran kami, klaim bahwa mobil Esemka mulai beroperasi dan membuat macet adalah salah. Faktanya, mobil Esemka belum banyak beredar di jalanan dan tidak ada informasi valid mobil Esemkabanyak beredar di sejumlah daerah.

 

Dilansir dari, cnbcindonesia.com, baru ada satu tipe mobil Esemka yang secara resmi mulai diproduksi massal. Presiden Jokowi langsung yang meresmikan sekaligus menyaksikan peluncuran Esemka Bima, produk PT SMK yang akan diproduksi massal September tahun lalu.

 

Mobil Esemka Bima berjenis pick up dengan mesin 1.300 cc yang dipertuntukan segmen komersial termasuk pertanian. Mobil ini dibanderol Rp95 juta off the road, artinya belum bisa bebas melenggang di jalan raya, sedangkan harga on the road Rp110 juta.

 

Dilansir CNNIndonesia, pabrik mobil Esemka sendiri turut terdampak produksinya selama pandemi covid-19. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebut Esemka telah mengurangi jumlah produksi buat menanggulanginya.

 

"Pandemic Covid-19 yang terjadi saat ini di industri otomotif secara umum menyebabkan perusahaan [Esemka] melakukan pengurangan produksi," kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Pertahanan (IMATAP) Kemenperin Putu Juli Ardika.

 

Sejauh ini pabrik mobil Esemka telah menyelesaikan 35 unit mobil yang dipesan dari TNI-AU. Dilansir dari tribunnews.com, mobil pesanan TNI-Au itu akan digunakan untuk mobil angkutan di landasan pacu di landasan pacu milik TNI-AU.

 

Dari informasi yang diperoleh, seperti dilansir dari Kumparan.com, baru ada dua mobil Esemka yang mulai mengaspal di Kota Semarang. Dua mobil itu digunakan untuk Pemerintah Kota Semarang sebagai sarana prasarana dari Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang.

 

Pemkot Semarang membeli dua mobil Esemka Bima 1.3 yang sudah dimodifikasi. Mobil itu ditambah power steering serta penutup di bagian bak terbukanya.

 

"Ini untuk menambahkan minat tentang hebatnya kualitas karya anak bangsa," ujar Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dilansir Kumparan.

 

Kesimpulan:

Klaim bahwa mobil Esemka mulai beroperasi dan membuat macet adalah salah. Faktanya, mobil Esemka belum banyak beredar di pasaran dan tidak ada informasi valid mobil Esemka banyak beredar di sejumlah daerah.

loading...