[CEK FAKTA] Megawati Minta Jokowi Pecat Anggota TNI yang Razia Buku Berbau PKI - SWARAKYAT MEDIA

[CEK FAKTA] Megawati Minta Jokowi Pecat Anggota TNI yang Razia Buku Berbau PKI

[CEK FAKTA] Megawati Minta Jokowi Pecat Anggota TNI yang Razia Buku Berbau PKI

SWARAKYAT.COM
- Beredar kabar Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta Presiden Joko Widodo untuk memecat anggota TNI yang melakukan razio terhadap buku-buku yang berkaitan dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).

 

Klaim tersebut diunggah oleh akun Facebook Noviyanti Dewi Jr. dengan disematkan tautan artikel berjudul “Megawati Meminta Jokowi Pecat Anggota TNI yang Razia Buku Berbau PKI, Jika Tidak…” berasal dari Operain.blogspot.com.


Saat itu marak dilakukan aksi razia buku-buku yang berkaitan dengan PKI beserta simbolnya oleh para anggota TNI. Kondisi tersebut dikabarkan membuat para akademisi miris termasuk Airlangga Pribadi.

 

Menurut Airlangga Pribadi, aksi tersebut merupakan cara bagi segelintir elite TNI untuk mencari panggung. Pada tahun 2016 lalu, Airlangga Pribadi menilai sejumlah pihak berusaha ingin kembali tampil di panggung politik.

 

Maka Airlangga Pribadi menyebut kesempatan tersebut dijadikan sebagai ajang tampil kembalinya TNI ke panggung politik.

 

Sementara itu foto yang digunakan dalam tautan artikel yang tidak ditemukan itu merupakan foto yang diambil dari situs PDI Perjuangan.

 

Saat itu Megawati Soekarnoputri tengah berbicara di podium dalam agenda Diklat Sekolah Partai bagi para kader PDIP yang digelar di Jakarta bulan Juni 2015 lalu.


Kesimpulan : Artikel tersebut termasuk misleading content karena memang ada perintah untuk memecat anggota TNI yang melakukan razia buku PKI namun bukan Megawati langsung yang meminta hal tersebut melainkan Airlangga Pribadi.


Terkait pemecatan anggota TNI yang melakukan razia buku PKI ditemukan artikel berjudul “Jokowi Didesak Pecat Anggota TNI yang Razia Buku Berbau PKI” yang dipublikasikan pada 15 Mei 2016.


Dalam artikel tersebut yang memerintahkan Jokowi untuk memecat anggota TNI pun bukan Megawati Soekarnoputri langsung melainkan Dosen Ilmu Politik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga yakni Airlangga Pribadi.

loading...