[CEK FAKTA] TNI Sita Buku PKI Terdapat Kata Pengantar Megawati & Eva Sundari - SWARAKYAT MEDIA

[CEK FAKTA] TNI Sita Buku PKI Terdapat Kata Pengantar Megawati & Eva Sundari

[CEK FAKTA] TNI Sita Buku PKI Terdapat Kata Pengantar Megawati & Eva Sundari

SWARAKYAT.COM - Akun Facebook Rio Nahril Abdillah (fb.com/ryo.royco.3) mengunggah sebuah foto tangkapan layar (screenshot) halaman media daring dengan judul “TNI: Buku PKI Yang Kami Sita Terdapat Kata Pengantar Megawati Soekarnoputri & Eva Sundari”.

 

Dalam gambar itu tampak seorang berpakaian loreng-loreng tentara memperlihatkan beberapa buku yang dianggap memuat konten paham komunisme.

 

Akun Nuh Rio Nahril Abdillah lantas menuliskan “Hati hati PKI sekarang dengan metode baru dan gaya yang baru. Waspada,Waspada,Waspada!!!” sebagai komentar untuk foto yang dia unggah.

 

HASIL CEK FAKTA


Judul artikel itu adalah hasil suntingan dan berasal dari situs yang kini sudah tidak dapat diakses. Judul aslinya adalah “LBH Surabaya: Penyitaan Buku di Probolinggo Langgar Hukum” yang dimuat di laman Liputan6com pada 30 Juli 2019.

 

Dalam artikel itu dijelaskan, LBH Surabaya mengecam aksi penyitaan oleh pihak Polsek Kraksaan dan TNI Kabupaten Probolinggo terhadap buku-buku yang diduga memuat ajaran komunis milik komunitas Vespa Literasi pada 27 Juli 2019. 


Pegiat komunitas itu, Muntasir Billah dan Saiful Anwar, juga turut ditangkap oleh polisi. Terdapat empat buku yang disita, yaitu Aidit: Dua Wajah Dipa, Sukarno, Marxisme, dan Leninisme: Akar Pemikiran Kiri dan Revolusi Indonesia, Menempuh Jalan Rakyat, dan D.N. Aidit: Sebuah Biografi Ringkas.

 

KESIMPULAN


Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa ada artikel berjudul “TNI: Buku PKI Yang Kami Sita Terdapat Kata Pengantar Megawati Soekarnoputri & Eva Sundari” adalah klaim yang kurang tepat. Karena Penyitaan buku-buku PKI nya memang benar terjadi bahkan pegiat komunitas tersebut juga ditangkap namun akhirnya dilepas kembali. 


Namun yang jadi pertanyaan adalah apakah ada kata pengantar dari megawati dan eva sundari ? dari artikel yang tim kami temukan yaitu dari situs kumparan bahwa kejadian penyitaan buku-buku berpaham komunisme juga pernah terjadi namun di padang berikut kutipannya:


Koramil 01 Padang Barat-Padang Utara dan Kejaksaan Negeri Padang menyita 6 buku yang diduga terindikasi paham komunisme di Toko Buku Nagare Boshi, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.


Salah satu buku yang disita berjudul 'Mengincar Bung Besar'. Buku yang diterbitkan Buku Kompas ini ditulis tim media sejarah Historia.


"Buku 'Mengincar Bung Besar' yang merupakan kumpulan tulisan Historia.id adalah hasil riset dan reportase," ujar  Pemimpin Redaksi media sejarah Historia.id, Bonnie Triyana, kepada langkan.id, Rabu (9/1).


Pemimpin Redaksi Historia Bonnie mengatakan buku tersebut diluncurkan pada 30 November 2017 di Museum Nasional Jakarta. Tepat 50 Tahun Tragedi Cikini.


Kata dia, peluncuran buku itu juga dihadiri Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan mantan Wapres RI Try Sutrisno. Megawati memberikan sambutan sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).


"Malah kata pengantar buku itu dari Ibu Megawati. Dan peluncuran buku itu juga dihadiri mantan Wakil Presiden Try Sutrisno," ujarnya.



Sumber: kumparan

loading...