Foto Langgar Social Distancing Viral, Dr Tirta Minta Maaf: Harusnya Tidak Diupload - SWARAKYAT MEDIA

Foto Langgar Social Distancing Viral, Dr Tirta Minta Maaf: Harusnya Tidak Diupload

Foto Langgar Social Distancing Viral, Dr Tirta Minta Maaf: Harusnya Tidak Diupload



SWARAKYAT.COM - Dokter Tirta, dikenal sebagai salah satu orang yang selalu berkoar soal social distancing, menjaga kesehatan, dan menjaga jarak selama pandemi corona masih ada di Indonesia.

Tak jarang, dokter muda ini memamerkan kegiatan dirinya tengah membagikan masker di jalan dan kegiatan para petugas medis di media sosial.

Namun, sebuah akun milik salah satu bar ternama di Jakarta yaitu holywingsspotlight, mengunggah foto dr Tirta mampir ke tempat tersebut pada hari Jumat (12/6).

Dalam foto yang viral itu, dr Tirta berfoto bersama 2 orang lainnya. Mereka tampak mengenakan masker. dr Tirta menegaskan dirinya ke Holywings dalam rangka memberi masukan terkait pembukaan kembali tempat makan di masa PSBB Transisi DKI.

"Hai Holy People! dr.tirta aja sudah mampir dan menikmati #holywingsnewnormal sekaligus mengecek protokol kita Holy People 😋 Kalian kapan?" tulis holywingsspotlight, Jumat (12/6).

Langsung saja, netizen menyerbu unggahan tersebut. Mereka kesal dan bertanya-tanya, mengapa seorang dokter malah mampir ke tempat seperti itu di kala banyaknya kasus positif COVID-19 di Indonesia semakin meningkat selama masa New Normal.

""Kan dah nyunormal." Chaaaakkzz" tulis anandafrengki.

"PLISSSS BAHAS DI PENGEN SIARAN. NYURUH ORG SOCIAL DISTANCING TAPI MALAH NELEN LUDAH SENDIRI CHUAAAAAKZZZZ" tulis prayeroftempest.

"Alhamdulillah pansos kotos kotos joss! 😁😁😁 dr.tirta" tulis wahyudyderi.

Tak lama, dr Tirta langsung membuat klarifikasi dan berdalih kehadirannya di Holywings adalah berkolaborasi dengan tempat tersebut untuk berbagi masker.

"Aku tuh sebenernya ngediemin ya karena ceritanya itu si HW itu kan adaptasi new normal, terus dia itu kan live music, dia konsul sama aku. Intinya dia konsultasi mengenai, 'Enaknya di Jakarta Pak Anies kan minta transisi tanggal 8 Juni kemarin, ini kalau kita enaknya gimana?' Aku bilang, 'Holywings jadi lounge aja, jadi rumah makan aja'," kata dr Tirta saat dihubungi, Minggu (14/6/2020).

dr Tirta menyebut dirinya datang ke Holywings Gunawarman pada 8 Juni sebelum restoran itu buka dan tujuannya adalah edukasi. Kedatangannya juga dalam rangka kolaborasi masker untuk edukasi COVID-19. Hasil penjualan masker pun dipakai untuk donasi.

Foto dengan 2 orang lainnya pun menurut dr Tirta diunggah tanpa seizinnya. Keterangan fotonya pun diganti oleh pihak Holywings.

"Terus kita buat yuk bikin masker kolaborasi, itu masker kan isinya ada COVID-19 kan. Nah itu si Holywings udah nyumbang ke aku hampir Rp 50 juta untuk donasi dari hasil penjualan masker itu," sebut dr Tirta.

"Tanggal 8 Juni itu kan mereka buka, terus aku diundang untuk melihat, 'dok, kalau kayak gini bener apa nggak'. Terus saya lihat, 'Oh bener ada thermo gun di depan, booknya online, jaga jarak dan nggak boleh ada live music'. Oh ya udah. Terus ketemulah pegawainya dia, terus foto bareng. Aku udah bilang nggak usah diupload. Terus saya pulang, saya pulang terus fotonya diupload sama pegawai Holywings," tutur Tirta.

dr Tirta menyebut pihak Holywings juga sudah memberikan klarifikasi di media sosial dan meminta maaf kepadanya. Dia sekali lagi menyebut tujuan datang ke Holywings bukan dalam rangka promosi restoran itu, tapi edukasi dan foto itu tak seharusnya diunggah.

"Per hari ini Hollywings udah klarifikasi udah minta maaf ke saya karena timnya mengupload itu tanpa koordinasi ke saya. Soalnya saya tujuannya kan edukasi bukan promo. Yang foto bukan saya, yang foto itu pegawainya untuk laporkan ke ownernya namanya Kevin. Nah si Kevin ini ternyata nyebarin itu ke grup admin, adminnya ngupload semua. Yang terjadi adalah si Holywings kan kayak gitu, dia nggak enak sama saya, dia minta maaf ke aku," sebut Tirta.

loading...