Tak Mau Komentari Kasus Novel, Mahfud MD: Ya Itu Urusan Kejaksaan ya, Saya Gak Boleh Ikut - SWARAKYAT MEDIA

Tak Mau Komentari Kasus Novel, Mahfud MD: Ya Itu Urusan Kejaksaan ya, Saya Gak Boleh Ikut

Tak Mau Komentari Kasus Novel, Mahfud MD: Ya Itu Urusan Kejaksaan ya, Saya Gak Boleh Ikut



SWARAKYAT.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD enggan mengomentari soal tuntutan jaksa untuk dua terdakwa penyiraman Air Keras terhadap Novel Baswedan. Mahfud berdalih itu bukan ranahnya.

Tuntutan satu tahun bui dengan pertimbangan unsur ketidaksengajaan dari para terdakwa ini sebelumnya menuai polemik.

“Ya itu urusan kejaksaan ya, saya nggak boleh ikut urusan pengadilan. Saya ini koordinator. Menteri koordinator. Bukan menteri eksekutor,” kata Mahfud usai meninjau kesiapan Pilkada Serentak 2020 yang diselenggarakan di DIY, di Gedhong Pracimasono, Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Senin (15/6/2020).

“Jadi itu biar kejaksaan dan itu ada alasan-alasan yang tentu bisa mereka pertanggungjawabkan sendiri,” tegas Eks Ketua Mahkamah Konstitusi ini.

Jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri Jakarta Utara pada hari Kamis (11/6) menuntut dua orang terdakwa penyerang penyidik senior KPK Novel Baswedan, yakni Ronny Bugis dan Rahmat Kadir Mahulette selama 1 tahun penjara.

Tuntutan terhadap kedua penyerang Novel berdasarkan dakwaan Pasal 353 Ayat (2) KUHP juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP yang memiliki tuntutan maksimal 12 tahun bui.

Menurut JPU, para terdakwa tidak sengaja menyiramkan Air Keras ke mata Novel. Keduanya disebut hanya akan memberikan pelajaran dengan melakukan penyiraman Air Keras ke bagian badan Novel Baswedan. (*)

loading...