Cek Fakta: Megawati & Jokowi Marah Usai Hasto Akui RUU HIP Memang Usulan PDIP - SWARAKYAT MEDIA

Cek Fakta: Megawati & Jokowi Marah Usai Hasto Akui RUU HIP Memang Usulan PDIP

Cek Fakta: Megawati & Jokowi Marah Usai Hasto Akui RUU HIP Memang Usulan PDIP

SWARAKYAT.COM - Belum lama ini beredar sebuah video di media sosial  yang yang menyebutkan bahwa pengusung dari Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) adalah partai PDI Perjuangan.

 

Disebutkan dalam video tersebut bahwa Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) naik pitam.

 

Hal tersebut diklaim karena dibenarkannya bahwa RUU HIP merupakan usulan PDI Perjuangan oleh Sekretaris Jendral PDI Perjuangan sendiri yakni Hasto Kristiyanto.

 

Video yang beredar tersebut berdurasi kurang lebih 10 menit yang memuat tentang RUU HIP dan para pengusungnya.

 

Video itu diunggah oleh akun Facebook Berita Viral pada Selasa, 30 Juni 2020 pukul 21.51 WIB. Bersamaan dengan video itu, akun Facebook Berita Viral menuliskan narasi sebagai berikut.

 

"HAYO LO JOKOWI & MEGAWATI NAIK PITAM! Ternyata HASTO yang BONGKAR Sebut RUU HIP DIUSULKAN PDIP," tulis narasi yang beredar.


Faktanya adalah konten narasi yang diunggah tersebut berasal dari sejumlah pemberitaan media di Indonesia seperti pada artikel berjudul 'Demokrat Sebut Fraksi PDIP Inisiator RUU HIP' yang dimuat pada 26 Juni 2020.

 

Selanjutnya pemberitaan dengan judul 'Wakil Ketua MPR: RUU HIP Usulan Fraksi PDIP' yang dimuat pada 26 Juni 2020 dan terakhir pemberitaan dengan judul 'Ternyata Trisila dan Ekasila di RUU HIP Ada di Visi dan Misi PDIP' yang tayang pada 24 Juni 2020.

 

Kesimpulan: 


Memang ditemukan pernyataan Hasto Kristiyanto pada satu artikel yang mengakui RUU HIP usulan dari PDIP. Artikel itu berjudul 'Hasto Akui RUU HIP Diusulkan PDIP' yang tayang pada 29 Juni 2020.


Namun soal Megawati & Jokowi marah tidak ditemukan (masa mau marah2 direkam). Eh bentar, Jokowi marah ditemukan namun bukan karena RUU HIP tapi karena kecewa dengan kinerja menteri. 


Nah, kalau megawati? Tanya sendiri sama orangnya marah atau tidak dengan pengakuan hasto ?

loading...