Luhut Ditantang Buka Data 500 TKA China, Apa Benar Mereka Tenaga Ahli ? - SWARAKYAT MEDIA

Luhut Ditantang Buka Data 500 TKA China, Apa Benar Mereka Tenaga Ahli ?

Luhut Ditantang Buka Data 500 TKA China, Apa Benar Mereka Tenaga Ahli ?

SWARAKYAT.COM
- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan tetap mengizinkan ratusan pekerja dari China masuk ke Indonesia untuk menggarap proyek smelter di Konawe, Sulawesi Tenggara. Pihaknya beralasan proyek tersebut harus tetap jalan karena berpotensi membuka lapangan kerja baru.

 

"Dia datang 500 orang bukan 5.000 orang dan mereka tinggal hanya enam bulan, ada yang tiga bulan, ada yang satu bulan. Tergantung keahlian masing-masing. Ini teknologi transfer wajib hukumnya teknologi transfer," ujar Luhut di Jakarta, Senin (29/6/2020).

 

Luhut menjamin keberadaan pekerja asing tersebut tidak mengancam nasib pekerja lokal karena mereka hanya sementara waktu tinggal di Indonesia. Pasalnya, kedatangan pekerja dari China hanya mentransfer teknologi kepada pekerja di Indonesia.

 

Namun, yang lebih utama bagaimana proyek fasilitas pengolahan dan pemurnian tersebut menciptakan lapangan pekerjaan baru. "Langkah tersebut akan melahirkan 250.000 lapangan pekerjaan pada 2024 di Sulteng," jelas Luhut*


Salah satu warganet justru menantang ucapan luhut soal tenaga ahli, dia meminta luhut buka data 500 TKA China tersebut secara transparan untuk membuktikan apakah benar mereka tenaga ahli.


...Agar tak jadi omong kosong liar sebaiknya dibuka data 500 pekerja tsb secara transparan.

 

Lalu tunjuk minimal 20% perwakilan serikat pekerja menjadi pemantau independen, memastikan apakah benar 500 TKA ini adalah tenaga ahli.

 

LBP berani? (``,) ucap akun twitter kafiradikalis


loading...