2 Gebrakan Ahok: Pertamina Terlempar dari Fortune 500 dan Alami Kerugian di Kuartal I-2020 - SWARAKYAT MEDIA

2 Gebrakan Ahok: Pertamina Terlempar dari Fortune 500 dan Alami Kerugian di Kuartal I-2020

2 Gebrakan Ahok: Pertamina Terlempar dari Fortune 500 dan Alami Kerugian di Kuartal I-2020


SWARAKYAT.COM - Gebrakan 1:

 

Basuki Cahaya Purnama atau lebih dikenal dengan Ahok kembali jadi sasaran tembak netizen. Kali ini mantan Gubernur DKI Jakarta itu disebut tidak becus menyelematkan Pertamina karena perusahaan itu justru terdepak dari daftar Fortune Global 500 di tahun ini.

 

Netizen @MaspiyuO salah satu yang pertama menyuarakan sindiran kepada Ahok ini. Di akun Twitternya pada Sabtu (15/8/2020), ia menampilkan screen shoot dua berita soal Ahok yang menyebut dirinya datang untuk menyelamatkan Pertamina, dan berita selanjutnya soal terdepaknya Pertamina dari daftar Fortune Global 500.

 

 

“HAHA.. Jadi Ketawaan Netizen.. Ahok Belagak Mau Nyelametin, Pertamina Malah Terpuruk: Terdepak dari Daftar Fortune Global 500 di Tahun Ini,” ujarnya.

 

Cuitan dari @MaspiyuO ini juga ikut dikomentari netizen lainnya seperti dihimpun netralnews pada Sabtu (15/8).

 

@GusDekill : Hanya satu yg benar , " meroket" Utangnya

 

@Revasabr11: mksdnya ‘menyelamatkan’ disini brgkali ‘mengamankan’ pundi2 pertamina utk kepentingan kantong pribadi dan ‘boss2’ nya kah??

 

@wanrosadi : Dari dulu juga bisanya cuma marah2, maki2, ta*k lu, emang punya nenek moyang lu, kalian maling, ban*sat lu semua. Yg begini jadi Komut?

 

Gebrakan kedua:

 

Sosok Basuki Tjahja Purnama atau Ahok ramai diperbincangkan warganet di media sosial. Bahkan di media sosial Twitter, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) itu menjadi topik urutan teratas yang diperbincangkan atau trending.

 

Hal ini berkenaan dengan hasil minor Pertamina yang mengalami kerugian. Di semester pertama tahun ini, produsen minyak nasional itu mencatatkan rugi hingga Rp 11,33 triliun.

 

Alhasil, beragam komentar pun dilontarkan warganet kepada sosok yang dilantik sebagai Komut Pertamina sejak 25 November 2019 lalu itu.

 

Kebanyakan, warganet mengkritik serta menyampaikan ungkapan satire terkait kinerja Ahok selama menjabat hampir satu tahun itu.

 

"Kalau tidak ada Ahok bisa rugi 33 T. Ini contoh narasi untuk cebong biar mampu beragumen," kata Aktivis Jaringan Pro Demokrasi (ProDEM), Adamsyah Wahab di akun Twitternya, Senin (24/8).

 

"Ahok ngapain aja? Unfaedah," cuit akun @dannydhe.

 

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal MUI, Ustadz Tengku Zulkarnaen juga turut mengomentari meruginya PT Pertamina di tengah pandemik Covid-19. Ia bahkan menyinggung kebijakan Pertamina yang tak menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) meski minyak dunia anjlok.

 

Pertamina rugi 11 triliun di masa Covid-19. Harga BBM dunia turun, sementara Pertamina tidak menurunkan harga BBM di dalam negeri saja sudah rugi 11 triliun. Apalagi.. Hm, mboh lah," tulis Ustaz Tengku Zulkarnain.

 

Diketahui, Pertamina mengalami kerugian di kuartal I sebesar Rp 11,33 triliun. Kerugian ini berbanding terbalik dengan tahun sebelumnya di kuartal I yang membukukan laba bersih 659,96 juta dolar AS atau setara Rp 9,7 triliun.

loading...