Ahok Jadi ‘Bulan-Bulanan’ Kerugian Pertamina, Hanura: Dia Hanya Pengawas, Kok Jadi Sasaran? - SWARAKYAT NEWS

Ahok Jadi ‘Bulan-Bulanan’ Kerugian Pertamina, Hanura: Dia Hanya Pengawas, Kok Jadi Sasaran?

Ahok Jadi ‘Bulan-Bulanan’ Kerugian Pertamina, Hanura: Dia Hanya Pengawas, Kok Jadi Sasaran?



SWARAKYAT.COM - Kerugian PT. Pertamina Persero yang mencapai Rp 11 triliun di semester pertama tahun 2020 menyedot perhatian publik.

 

Bahkan ada yang mengaitkan bahwa kerugian perusahaan plat merah itu dikeranakan kinerja Komasaris Utamanya, yaitu Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Namun, hal itu dibantah Ketua DPP Hanura, Inas Nasrullah Zubir.

 

“Ahok bukan eksekutor dalam bisnis Pertamina melainkan hanya pengawas, kenapa malahan dia dijadikan sasaran ini tak ada sangkut-pautnya, piye toh!” ungkapnya saat dihubungi oleh Pojoksatu.id, Jakarta, Rabu (26/8/2020).

 

Menurutnya, banyak yang salah kaprah, seolah-olah Ahok adalah pemimpin perusahaan di Pertamina.

 

“Pimpinan perusahaan itu adalah BOD,” ujarnya.

 

Ia juga menyebutkan bahawa Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar terhadap perekonomian dunia dan nasional.

 

Sehingga, lanjutnya, sektor Bahan Bakar Minyak (BBM) juga terkena imbasnya, dimana terjadi penurunan konsumsi BBM yang sangat signifikan sejak Januari hingga Juni 2020.

 

“Konsumsi nasional BBM jenis Solar selama pandemi Covid 19 ini, sesuai data BPH Migas, terjadi penurunan mencapai 40 persen, sedangkan Premium turun sebesar 33 persen dari periode sebelumnya,” papar Inas Nashrullah.

 

Sedangkan, tambahnya, procurement Pertamina pada bulan Januari hingga Maret 2020 dilakukan pada bulan Oktober-Desember 2019 dengan kondisi normal dan harga minyak dunia masih diatas USD. 65,- per barel.


“Jadi jelas Pertamina rugi akibat force majeur bukan karena kinerja perusahaan pelat merah tersebut, dan faktor lain-nya yang sangat berpengaruh adalah selisih kurs,” tandasnya.