CEK FAKTA: Benarkah Klaim Wapres Maruf Amin 5 Tahun Tidak Ngapa-ngapain? - SWARAKYAT MEDIA

CEK FAKTA: Benarkah Klaim Wapres Maruf Amin 5 Tahun Tidak Ngapa-ngapain?

CEK FAKTA: Benarkah Klaim Wapres Maruf Amin 5 Tahun Tidak Ngapa-ngapain?


SWARAKYAT.COM - Sebuah akun Facebook menyebarkan foto Wakil Presiden Maruf Amin tengah duduk di dalam sebuah kamar. Dalam unggahan itu disebutkan bahwa Wapres 5 tahun tidak melakukan apa-apa.

 

Akun Facebook dengan nama Kevin Lee Marpaung membagikan foto dengan narasi "5 TAHUN nggak ngapa-ngapain" dan berhasil mendapat perhatian warganet.

 

Unggahan itu telah mendapat 1,7 ribu komentar dan telah dibagikan sebanyak 4,7 ribu kali oleh pengguna Facebook lainnya.

 

Lalu benarkah jika Wakil Presiden Maruf Amin sudah 5 tahun tidak melakukan apa-apa?

 

Penjelasan

 

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -jaringan Suara.com, konten yang diunggah oleh akun Facebook Kevin Lee Marpaung itu adalah hasil suntungan dari sebuah tangkapan layar YouTube.

 

Foto itu adalah salah satu potongan video yang diunggah oleh akun YouTube @sobatmiskinofficial.

 

Dalam video aslinya, judul yang tertera adalah "2 JAM nggak ngapa-ngapain" bukan "5 TAHUN nggak ngapa-ngapain".

 

Dalam video itu hanya ada seorang pria berkaus hitam duduk termenung di depan kamera. Selama dua jam 20 menit 52 detik, pria itu hanya duduk menghadap kamera tanpa melakukan apa pun.

 

Saat video dipercepat, tampak dirinya hanya melotot dan sesekali berkedip atau sedikit memiringkan kepala maupun badannya; bahkan sama sekali tak membuka mulut.

 

Pada rekaman tersebut, pria ini tampak berada di dalam kamar, dengan kasur ungu sebagai latar belakang. Tak ada suara apa pun di videonya selain tiupan angin kecil.

 

Video ini mulai viral setelah tangkapan layarnya diunggah ke Twitter oleh akun @depresionistaa pada Kamis pagi. Tak ada caption apa pun pada cuitannya.

 

Sementara itu, foto hasil tangkapan layar itu disunting dengan cara mengganti kepala si pemilik konten asli di YouTube dengan gambar kepala Wapres Maruf Amin.


Kesimpulan

 

Dari penjelasan di atas, unggahan akun Facebook gambar Wapres Maruf Amin dengan narasi "5 TAHUN nggak ngapa-ngapain" masuk dalam kategori manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

 

Konten jenis itu biasanya berisi foto hasil suntingan dari informasi yang sebelumnya pernah beredar di media. Konten ini biasanya dibuat untuk mengecoh publik.

loading...