Kabinet Indonesia Maju akan Geser 18 posisi Menteri,Termasuk Prabowo Subianto? - SWARAKYAT NEWS

Kabinet Indonesia Maju akan Geser 18 posisi Menteri,Termasuk Prabowo Subianto?

Kabinet Indonesia Maju akan Geser 18 posisi Menteri,Termasuk Prabowo Subianto?


SWARAKYAT.COM - Kabinet Indonesia Maju, sontak belakangan ini diberitakan bakal ada rencana penggeseran posisi menteri.

 

Sekitar 18 posisi menteri yang hendak di geser dan digantikan orangnya. Salah satu diantaranya termasuk Prabowo Subianto.


Saat ini masih menduduki Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI). Prabowo Subiantao kabarnya juga akan digeser ke posisinya menjadi Menteri Pertanian (Mentan) RI.

 

Menurut Ketua Presidium Ind Police Watch (IPW), Neta S Pane dalam pengakuannya memperoleh informasi dari berbagai sumber. Sumber-sumber tersebut berkaitan dengan reshuffle kabinet yang akan dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

 

Menurut informasi yang didapatkan Neta, reshuffle kabinet akan dilakukan Jokowi setelah melakukan pergantian Panglima TNI.

 

"Sementara pergantian Kapolri akan dilakukan sesuai jadwal, yakni pensiunnya Jenderal Idham Azis pada awal Januari 2021," katanya pada Kamis, 20 Agustus 2020.


Terkait hal itu, dia pun memprediksi Prabowo akan digeser ke posisi menteri yang kini ditempati oleh Syahrul Yasin Limpo.


"Yang jadi pertanyaan menjelang reshuffle kabinet ini adalah, ada apa dengan Program Cadangan Ketahanan Pangan yang dipercayakan Jokowi kepada Prabowo? Apakah ini pertanda pada reshuffle ini Prabowo akan digeser menjadi Menteri Pertanian," duga Neta.

 

Sebab, lanjut Neta, berkaitan dengan rencana reshuffle itu, beredar kabar bahwa setelah digantikan Jenderal Andhika Prakasa, Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto akan menjadi Menteri Pertahanan, meski ada pula yang menyebutkan Hadi akan menjadi Menteri Perhubungan.


"Semula pasca digeser dari Panglima TNI, Hadi akan istirahat sebagai Dubes RI di Perancis, tapi Jokowi tetap memintanya di tanah air untuk masuk ke kabinet," imbuhnya.

 

Lebih lanjut Neta mengatakan, masih berdasarkan informasi yang dia terima, nama-nama baru, namun wajah lama disebut-sebut pula akan masuk ke kabinet hasil reshuffle, seperti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), putra mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono serta mantan Cawapres Prabowo, Sandiaga Uno dan lain sebagainya.


"Jumlah menteri dari anggota Polri diperkirakan juga akan bertambah dalam kabinet hasil reshuffle ini," tandasnya.

 

Berdasarkan informasi yang diperoleh IPW, sedikitnya ada 11 menteri Jokowi yang akan di-reshuffle dan paling banyak 18.


Di antaranya adalah Menteri Perhubungan, Menteri Koperasi, Menkumham, Menpora, Mendikbud, Menteri Pariwisata, Menteri Perdagangan, Menaker, Mensos, Menteri Kominfo, Menkes, Menteri Perindustrian, Meneg BUMN, Menteri Agama, Kepala Bulog, dan lain-lain. (*)

loading...