PDB Anjlok -5,32%, Istana: Kita Lebih Baik dari Negara Lain! - SWARAKYAT MEDIA

PDB Anjlok -5,32%, Istana: Kita Lebih Baik dari Negara Lain!

PDB Anjlok -5,32%, Istana: Kita Lebih Baik dari Negara Lain!


SWARAKYAT.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan angka output perekonomian atau Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada periode kuartal II-2020. Seperti yang sudah diperkirakan, ekonomi Indonesia mengalami kontraksi alias pertumbuhan negatif.

Data otoritas statistik mencatatkan, PDB Indonesia sepanjang April - Juni 2020 mengalami kontraksi -5,32% dibandingkan periode sama tahun lalu (year on year/yoy). Adapun dibandingkan kuartal sebelumnya, PDB kuartal II-2020 mengalami kontraksi -4,19%.

 

Dua kontraksi berturut-turut ini akhirnya membuat Indonesia masuk ke fase resesi teknikal. Pasalnya, pada kuartal I-2020 secara quarter to quarter, PDB Indonesia mencatatkan minus 2,41%.

 

"Kita masih relatif walaupun terkontraksi. Relatif lebih minimum dibandingkan yang dihadapi negara mitra dagang utama," kata Arif, Rabu (5/8/2020).Staf Khusus Presiden Arif Budimanta mengklaim situasi yang dialami Indonesia masih jauh lebih baik dari negara-negara tetangga, maupun negara mitra dagang utama kendati mengalami kontraksi yang cukup dalam.


Arif menegaskan bahwa pemerintah telah melakukan berbagai upaya counter cyclical untuk menahan Indonesia agar tidak masuk ke jurang resesi. Salah satunya dengan menggencarkan program bantuan sosial.

 

"Concern Presiden itu dari sisi demand side. Karena demand yang akan menggerakkan supply. Kuncinya ada di konsumsi, itulah kenapa kita sasar," katanya.

 

"Keadaan ini bukan cuma Indonesia yang merasakan. Karena global juga merasakan hal yang sama. Seluruh pihak saat ini bekerja sama memitigasi dan menyelesaikan persoalan ini karena ini adalah persoalan bersama," katanya.

loading...