Pengamat Intelijen Sebut Provokator Penyerangan Polsek Ciracas Diduga dari Instansi Tertentu - SWARAKYAT MEDIA

Pengamat Intelijen Sebut Provokator Penyerangan Polsek Ciracas Diduga dari Instansi Tertentu

Pengamat Intelijen Sebut Provokator Penyerangan Polsek Ciracas Diduga dari Instansi Tertentu



SWARAKYAT.COM - Pengamat Intelijen dan Keamanan, Stanislaus Riyanta menegaskan, insiden penyerangan markas kepolisian bukan hal pertama terjadi.

 

Penyerangan terhadap Korps Byangkara itu kerap terjadi karena disebabkan hal yang sepele yang kemudian diprovokasi oleh kelompok tertentu.

 

“Biasanya justru hal sepele lalu diprovokasi sehingga terjadi aksi yang dikemas seolah solidaritas karena nampak sangat cepat dan rapi,” kata Stanislaus saat dihubungi Pojoksatu, Sabtu (29/8/2020).

 

Stanislaus tak menyebut instansi tertentu sebagai dalang provokator penyerangan Polsek Ciracas.

 

Hanya saja, kata dia, untuk membuktikan kelompok yang sengaja memprovokasi para massa, maka pihak kepolisian harus gerak cepat mendalami CCTV di lokasi kejadian.

 

“Untuk menyebut organisasi/kelompoknya perlu pembuktian misalnya dari CCTV atau kesaksian,” ungkapnya.

 

Karena itu, lanjut Stanislaus, agar peristiwa tak serupa terulang kembali, para pemangku kepentingan di daerah tersebut perlu melakukan upaya pencegahan.

 

“Paling penting adalah para pemangku kepentingan di wilayah tersebut berkumpul dan berkoordinasi sama-sama melihat fakta yang terjadi agar ada kesepemahaman,” ungkapnya.

 

Sebelumnya, Polsek Ciracas dibakar dan dirusak oleh orang tak dikenal. Polisi menduga ada 100 orang kurang lebih yang terlibat dalam peristiwa ini.

 

Peristiwa serupa juga pernah terjadi di Polsek Ciracas, Jakarta Timur pada 11 Desember 2018 lalu. Perusakan terjadi sekitar pukul 23.00 hingga dini hari.

 

Sejumlah massa melalukan perusakan hingga pembakaran diduga karena tidak puas dengan penanganan kasus yang ditangani Polsek Ciracas.

loading...