Benarkah Bambang Trihatmodjo Bongkar Status Jokowi Anak PKI? - SWARAKYAT MEDIA

Benarkah Bambang Trihatmodjo Bongkar Status Jokowi Anak PKI?

Benarkah Bambang Trihatmodjo Bongkar Status Jokowi Anak PKI?



SWARAKYAT.COM - Beredar narasi yang menyebut anak mantan presiden Soeharto, Bambang Trihatmodjo membongkar status Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi diklaim sebagai keturunan dari gembong PKI.

 

“BAMBANG TRIATMOJO ANAK PAK SOEHATO BUKA BICARA… CENDANA MEMBONGKAR STATUS JOKOWI…. JOKOWIDODO ADALAH ANAK DARI GEMBONG PKI BAPAKNYA BERNAMA WIJIADMO KETUA OPR PKI DAN IBUNYA SEKETARIAT GERWANI…”

 

Di gambar yang diunggah, terdapat foto Hasril Chaniago, Preisden Joko Widodo dan Arteria Dahlan serta narasi sebagai berikut: “Arteria Dahlan mengakui apa yang dikatakan Hasril Chaniago adalah Benar..Kakeknya Pendiri Partai Komunis Indonesia untuk Wilayah Sumatra Barat..Arteria Dengan Keluarga Besarnya Memohon-mohon kepada Hasril Chaniago Untuk tidak membeberkan Dukumen Rahasia Lainnya Tentang Kakeknya kepada Umum…Dengan mencatut Nama Jokowi Sebagai Anak Tokoh PKI Boyolali Dan Ibunya Ketua Gerwani Sebagai Pertimbangan…Arterial Dahlan dengan Menunduk-nunduk Memohon kepada Hasril Chaniago demi Keselamatan Keluarganya…”


Benarkah klaim tersebut?


Penjelasan

 

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Kamis (24/9/2020), klaim yang menyebut Bambang trihatmodjo bongkar status Jokowi anak gembong PKI adalah klaim yang ambigu.

 

Faktanya, tak ada pemberitaan dari media manapun terkait Bambang Trihatmodjo membongkar status Jokowi sebagai anak gembong PKI.

 

Klaim mengenai ayah Jokowi bernama Widjiatno Notomihardjo adalah seorang tokoh PKI dan ibunya Ketua Gerwani adalah klaim yang telah muncul sejak awal kemunculan Jokowi di kancah politik nasional.


Dikutip dari Medcom.id, Jokowi di berbagai kesempatan sudah membantah tuduhan-tuduhan tersebut. Uniknya, sejumlah orang tetap meyakini tuduhan tersebut adalah sebuah kebenaran.


"Anehnya tuduhan itu tak pernah ditegaskan dalam suatu buku resmi atau tulisan ilmiah yang kadar kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan,” tulis Historia.id dalam laporannya.

 

"Notomihardjo dan Sudjiatmi sendiri tak pernah sekalipun disentuh oleh tentara. Itu terjadi karena mereka memang tidak memiliki keterkaitan dengan Peristiwa 30 September 1965. Jika memang benar mereka adalah tokoh PKI, itu jelas suatu keanehan. Saat itu, alih-alih anggota PKI, seorang seniman profesional yang sama sekali bukan komunis pun bisa dipenjarakan tanpa pengadilan hanya karena dia pernah mengisi sebuah acara seni yang diadakan oleh PKI.” tulis Historia.id dalam laporannya.


Kesimpulan

 

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan klaim yang menyebut Bambang Trihatmodjo bongkar status Jokowi anak gembong PKI adalah klaim yang kurang tepat. Karena tidak ada alias tidak mungkin media seperti detik, kompas dan lain-lain berani menuliskan atau memberitakan hal tersebut.

loading...