Hasril Chaniago Jelaskan Keluarga Arteria Dahlan Masyumi, Kakeknya Pendiri PKI dari Garis Ibu - SWARAKYAT MEDIA

Hasril Chaniago Jelaskan Keluarga Arteria Dahlan Masyumi, Kakeknya Pendiri PKI dari Garis Ibu

Hasril Chaniago Jelaskan Keluarga Arteria Dahlan Masyumi, Kakeknya Pendiri PKI dari Garis Ibu



SWARAKYAT.COM - Wartawan senior Hasril Chaniago menjelaskan atas pernyatannya terkait kakek politikus PDIP Arteria Dahlan pendiri PKI di Sumbar. 


Hasril mengatakan seperti itu dalam konteks memaparkan demokrasi masyarakat Minangkabau, bahkan dalam lingkup keluarga. 


“Konteksnya itu saya bicara tentang demokrasi orang Minang. Di dalam satu keluarga kecil saja itu bisa orang berdiri di aliran politik berbeda-beda,” kata Hasril saat dihubungi, Rabu (9/9/2020) dikutip detik.com. Kata Hasril, keluarga Arteria Dahlan berasal dari daerah Maninjau, Sumbar. 


Bachtarudin pendiri PKI Sumbar masih sepupu pahlawan nasional HR Rasuna Said. 


“Jadi ada satu keluarga di Maninjau itu, di situ ada Rasuna Said pahlawan nasional itu Masyumi, kemudian ada namanya Bachtarudin, masih sepupu sama dia (Rasuna Said). Dia (Bachtarudin) itu pendiri PKI (di Sumbar). 


Jadi, bagi orang Minang, berbeda aliran politik itu biasa,” ujarnya. “Janganlah, konteks Minangkabau dalam keluarga kecil saja bisa beda seperti itu. 


Dan kebetulan Arteria Dahlan ini dia termasuk dalam keluarga itu,” kata Hasril. Hasril menjelaskan keluarga Arteria merupakan Masyumi. Bachtarudin merupakan kakek Arteria dari garis ibu. “Jadi keluarga Arteria ini dia Masyumi, ini masih kakek dari garis ibu, matrilineal. 


Jadi Minang ini kan matrilineal, yang dari pihak ibu juga kakek kan. Saya bicaranya dalam konteks demokrasi orang Minang, bukan menuduh Arteria PKI. Saya tahu keluarga itu keluarga Masyumi dia, tolong tidak disalahpahami. Dan saya kasih tahu Arteria, dia benarkan,” ujarnya.


loading...