Jimly: Pemerintah Pusat Kok Beroposisi ke Pemda? Aneh, Lucu dan Bahaya - SWARAKYAT MEDIA

Jimly: Pemerintah Pusat Kok Beroposisi ke Pemda? Aneh, Lucu dan Bahaya

Jimly: Pemerintah Pusat Kok Beroposisi ke Pemda? Aneh, Lucu dan Bahaya



SWARAKYAT.COM - Anggota DPD RI, Prof Jimly Asshiddiqie kembali menyoroti perseteruan pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda), khususnya Pemda DKI Jakarta.

 

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengatakan, kepemimpinan organisasi besar dan modern, apalagi negara, berkenaan dengan empat hal.

 

Pertama, membangun dan menata sistem dengan aturan. Kedua, menggerakkan dan menfungsikan dalam praktik. Ketiga, menegakkan sistem dan aturan dengan adil. Keempat, pemimpinnya harus menjadi contoh tentang berfungsinya sistem aturan itu dengan ketulusan.

 

“Untuk kesinambungan dan keberlanjutan kemajuan peradaban bangsa, model kepemimpinan yang dibutuhkan adalah moral dan transformational leadership, bukan yang sekedar transactional, yang cuma sibuk ambil keuntungan sendiri dan merasa cukup dengan banyak berkata-kata dan terlihat sibuk bekerja,” kata Jimly di akun Twitternya, @JimlyAs.

 

Jimly mengingatkan para menteri untuk tidak lagi membuat pernyataan yang asal beda dengan gubernur.

 

“Untuk pelajaran ke depan, baiknya menteri-menteri dan pejabat pusat jangan lagi buat statemen asal beda dengan Gubernur, terutama DKI seolah benarkan persepsi terjadinya jegal-jegalan untuk pilpres 2024,” kata Jimly, Sabtu (12/9).

 

Jimly heran melihat sikap pejabat pemerintah pusat (pempus) yang terkesan menjadi oposisi pemerintah daerah.

 

“Pempus kok beroposisi ke Pemda. Aneh, lucu dan bahaya. Baiknya Presiden luruskan dan Pemda juga tahu posisi sebagai subsistem,” tandas Jimly Asshiddiqie.

loading...