Lawan Covid-19, Rakyat Dipaksa Bergantung Pada Pemimpin Slow Respon - SWARAKYAT MEDIA

Lawan Covid-19, Rakyat Dipaksa Bergantung Pada Pemimpin Slow Respon

Lawan Covid-19, Rakyat Dipaksa Bergantung Pada Pemimpin Slow Respon



SWARAKYAT.COM - Skenario darurat Presiden Joko Widodo dalam mengendalikan pandemi Covid-19 masih dipertanyakan.

 

Hal itu dikarenakan jumlah kasus pandemi Covid-19 di Indonesia masih terus melonjak. Beberapa hari terakhir, angkanya lebih dari 3 ribu orang yang terkonfirmasi positif setiap harinya.

 

Sementara di satu sisi, kata Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia’s Democratic Policy, Satyo Purwanto, Indonesia belum mencapai puncak penyebaran Covid-19.

 

“Nampaknya untuk Indonesia belum mencapai puncak, kasus per harinya sudah tinggi hampir selalu di atas 3 ribu untuk nasional dan sepertinya trendnya akan terus menanjak,” ujar Satyo Purwanto, Minggu (13/9).

 

Satyo lantas mempertanyakan kerja pemerintah yang seakan-akan terlalu santai menghadapi pandemi ini.

 

“Cilaka ini kalau Covid-19 enggak segera bisa ditaklukan, bila rakyat pun harus menggantungkan harapan kepada pimpinan negara yang slow respon begini. Lah yang jadi pertanyaan, skenario darurat apa yang dimiliki pemerintah pusat untuk mengendalikan pandemi ini?” tanya Satyo.

 

Mantan Sekjen ProDEM ini pun mendesak agar Presiden Jokowi membuat masyarakat percaya bahwa pemerintah sanggup mengendalikan wabah Covid-19.

 

“Ketidakpercayaan dunia kepada Indonesia dalam hal pengendalian pandemi ini juga mesti bisa dijelaskan oleh pemerintah, sebab pada akhirnya Indonesia akan terkunci dari aktivitas global akibat kegagalan mengendalikan pandemi,” pungkas Satyo.

loading...