Sebelum Pelajaran Sejarah Dihilangkan, Ternyata Pelajaran Tentang PKI Di SD Sudah Hilang Lebih Dulu - SWARAKYAT MEDIA

Sebelum Pelajaran Sejarah Dihilangkan, Ternyata Pelajaran Tentang PKI Di SD Sudah Hilang Lebih Dulu

Sebelum Pelajaran Sejarah Dihilangkan, Ternyata Pelajaran Tentang PKI Di SD Sudah Hilang Lebih Dulu



SWARAKYAT.COM - Rencana menghapuskan mata pelajaran sejarah dari kurikulum pelajaran untuk sekolah tingkat atas (SMU) kini menjadi polemik para tokoh pendidikan, karena sudah jelas kedepannya akan semakin banyak anak-anak Indonesia buta akan sejarah bangsa sendiri.

 

Hal ini tentu saja menjadi perhatian serius, JJ Rizal yang dikenal sebagai salah satu tokoh muda yang sangat menyukai sejarah, dan mengaku sebagai salah satu pekerja buku di kelompok Komunitas Buku, mengatakan jika rejim sekarang adalah pengkhianat.

 

“inilah tragedi pemerintah yg ngakunya pengikut sukarno, memuja-muji setinggi langit bahkan memberhalakannya, tapi dlm prilaku mengkhianati pesannya yg sangat terkenal ‘jangan sekali-kali meninggalkan sejarah” dasar rezim hipokrit, ga cukup sejarah ditinggalkan tp mau dihilangkan.” tulis Rijal melalui akun sosial medianya @JJRizal

 

Sebenarnya jika diteliti lebih seksama, saat ini beberapa mata pelajaran sejarah di tingkat dasar sudah banyak mengalami perubahan, terutama pada beberapam fakta sejarah yang dihilangkan.

 

Jika pada periode presiden sebelumnya, sejarah tentang kekejaman kelompok yang berhaluan komunis atau yang dikenal dengan nama PKI, masih dipelajari di kelas 5 dan 6, namun kini dalam terbitan buku sejarah yang terbaru sudah hilang.

 

“Benar bang, pelajaran tentang kekejaman PKI yang selama ini kita pelajari ketika di sekolah dasar kelas, 5 dan 6 sekarang sudah tidak ada lagi, jadi tidak heran jika banyak anak-anak kecil memiliki simpatik kepada PKI,” ujar salah satu guru sekolah dasar yang minta namanya tidak disebutkan kepada media ini.

loading...