Tinjau Lokasi Food Estate di Humbahas, Traktor Mentan dan Wagubsu Nyaris Terbalik - SWARAKYAT MEDIA

Tinjau Lokasi Food Estate di Humbahas, Traktor Mentan dan Wagubsu Nyaris Terbalik

Tinjau Lokasi Food Estate di Humbahas, Traktor Mentan dan Wagubsu Nyaris Terbalik



SWARAKYAT.COM - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bersama Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah dan Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor meninjau lokasi Program Food Estate tahap pertama di Desa Ria Ria Humbahas, Jumat (11/9/2020).

 

Namun, kunjungan ini disertai kejadian dimana ketiganya mencoba traktor dan nyaris terbalik.

 

Ini berawal ketiganya mencoba alat berat berat traktor yang ada di hamparan lahan untuk program Food Estate itu. Traktor itu memang digunakan untuk menggemburkan tanah di lokasi.

 

Lantaran medan yang cukup sulit, traktor yang dikemudikan oleh Mnetan hampir tidak terkendali dengan baik dan hampir terbalik.

 

Menurut Ijeck-sapaan Musa Rajekshah, ketika traktor hampir terguling, dirinya sengaja tidak langsung turun. Karena menurutnya ini pengalaman langka. Nyatanya, meski hampir terguling, Mentan terus melanjutkannya hingga selesai.

 

“Pak Mentan, kami terima kasih. Ini pengalaman saya yang pertama. Biasanya di Medan seperti itu naik Jeep, tak pernah naik traktor yang dikemudikan menteri. Ini luar biasa, karena belum tentu dua kali dikemudikan menteri, tapi tak sampai terguling. Tapi pastilah Pak Menteri niatnya begitu tulus untuk kita,” sebut Ijeck.

 

Dia juga berharap lahan tersebut benar-benar bisa dikelola dengan baik, sehingga bisa mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat Sumut bahkan Indonesia. “Mudah-mudahan ini betul-betul bisa dikelola. Mudah-mudahan tanaman hortikultura lain bisa ditanam di areal ini,” katanya.

 

Syahrul Yasin Limpo mengatakan Food Estate di Humbahas rencananya akan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Oktober 2020 mendatang. Untuk itu, Ia melakukan segala persiapan untuk peresmian tersebut. Termasuk melakukan peninjauan dan mencoba alat pertanian yang akan digunakan sepanjang program.

 

“Saya mau Presiden juga mencoba ini. Saya tadi berusaha terbalik, tapi tak mau itu (traktornya). Ini karena ada Pak Wagub,” sebutnya sambil bercanda.

 

Selain itu, Mentan meminta Forkopimda Kabupaten Humbahas dan Wagub untuk melakukan persiapan teknis mengenai program ini. “Insya Allah Oktober saya bawa Presiden kemari. Karena ini perintah Presiden. Saya kira jaranglah Presiden seperti itu. Dia bilang ke saya buat itu. Itu jadi sesuatu yang baru buat negara ini,” ucapnya menirukan ucapan Jokowi.

 

Seperti diketahui, konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan dan peternakan di suatu kawasan ini akan menggunakan lahan seluas 30.000 hektare.

 

Kabupaten Humbahas telah ditetapkan Pemerintah Pusat menjadi salah satu dari dua daerah di Indonesia untuk pengembangan Food Estate. Program triliunan rupiah tersebut diharapkan dapat menumbuhkembangkan sektor pertanian secara merata, serta meningkatkan produksi pertanian secara drastis sehingga mampu menambah kebutuhan dalam negeri dan pasar ekspor.

loading...