Terbongkar! Ini Asal-usul Jet Pribadi Suharso Monoarfa yang Gegerkan Publik - SWARAKYAT NEWS

Terbongkar! Ini Asal-usul Jet Pribadi Suharso Monoarfa yang Gegerkan Publik

Terbongkar! Ini Asal-usul Jet Pribadi Suharso Monoarfa yang Gegerkan Publik



SWARAKYAT.COM - Pengurus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengklarifikasi soal penggunaan jet mewah pribadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP, Suharso Manoarfa saat melakukan kunjungan di Medan dan Aceh.


Ketua DPP PPP yang juga Wakil Ketua Steering Committee (SC) di Muktamar PPP ke-9, Syaifullah Tamliha mengatakan, penggunaan jet pribadi pria yang juga Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional tersebut bukan dari kas partai.




"Penggunaan pesawat pribadi tersebut sepengetahuan kami tidak dalam bentuk carteran, tidak menggunakan dana partai, fraksi dan atau Kementerian PPN/ Bappenas," kata Syafullah dalam keteranganya, Jumat (30/10).




Dia menganggap, dengan padatnya kegiatan Suharso Monoarfa dalam konsolidasi tersebut dan terbatasnya fasilitas yang dimiliki partai menyebabkan rekannya merasa perlu memberikan pinjaman pesawat pribadi. Ini agar mobilitas Plt Ketum PPP tersebut dapat maksimal melaksanakan tugas-tugas partai.




"Pemberian pinjaman pesawat pribadi tersebut tidak ada kaitannya dengan jabatan kementerian yang dijabat oleh Bapak Suharso Monoarfa," jelas Syaifullah.




Syaifullah menilai, konsolidasi partai dirasakan mendesak yang tidak hanya menjelang muktamar PPP ke-9, melainkan juga konsolidasi pemenangan Pilkada dalam rangka memenangkan calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah yang diusung oleh PPP pada 270 Pilkada serentak.




"Insya Allah tanggal 9 Desember 2020 yang hanya efektif dilakukan sekitar satu bulan," jelas dia.




Sebelumnya, eite Partai Persatuan Pembangunan mempertanyakan pemakaian jet pribadi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP, Suharso Monoarfa saat konsolidasi partai ke sejumlah daerah menjelang muktamar.




"Ini Ketua Umum PPP menyewa pesawat ke Medan dan Aceh urusan partai, dari mana uangnya? Harus dijelaskan," ucap anggota Majelis Pakar PPP Nizar Dahlan di Jakarta, Jumat (30/10)




Nizar membenarkan adanya kunjungan Suharso ke Medan dan Aceh menggunakan pesawat jet pribadi setelah foto Suharso dan pengurus DPP turun dari pesawat pribadi itu beredar di grup WhatsApp.




Di dalam foto itu, Suharso Monoarfa dan Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani tengah disambut oleh pengurus PPP daerah dan diberikan slempang hijau.




Oleh karena itu, Nizar mempertanyakan dana untuk menyewa jet pribadi tersebut, yakni memakai uang partai, dana kementerian, atau dana pribadi.




Kader dan umat, kata dia, harus mengetahui dengan jelas dana apa yang dipakai untuk menyewa pesawat pribadi sebab biayanya jelas tidak murah alias sangat mahal.




"Rakyat lagi menjerit dalam kemiskinan dan kelaparan, Plt. Ketum malah pakai jet pribadi untuk konsolidasi," tegasnya.