Tersiar Kabar Gedung DPR Akan Digeruduk Pendemo, Aparat Kepolisian Langsung Berjaga - SWARAKYAT NEWS

Tersiar Kabar Gedung DPR Akan Digeruduk Pendemo, Aparat Kepolisian Langsung Berjaga

Tersiar Kabar Gedung DPR Akan Digeruduk Pendemo, Aparat Kepolisian Langsung Berjaga

 


SWARAKYAT.COM - Selain kawasan Istana Negara, gedung MPR/DPR RI dikabarkan menjadi sasaran pendemo untuk menggelar aksi tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja, Rabu (28/10/2020).


Namun, berdasarkan pantauan, sekitar pukul 13.31 WIB, situasi arus lalu lintas di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan menuju arah gedung DPR RI masih lancar dilewati motor maupun mobil.




Belum ada terlihat penutupan jalan yang dilakukan oleh aparat kepolisian terkait rencana aksi demonstrasi yang bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ini.




Meski masih sepi, sejumlah aparat Brimob yang dilengkapi tameng tetap berjaga-jaga di sekitar gedung DPR RI. Mereka berkumpul tepat di bawah kolong flyover Ladokgi, Senayan.




Demo Tiga Titik




Kabar adanya massa yang hendak berujuk rasa di depan gedung DPR RI dari pernyataan resmi aparat kepolisian. Bahkan, ada tiga titik demonstrasi yang bakal dijaga 20 ribu aparat, hari ini. 




"Sekitar 10 ribuan, tambah 10 ribu ada pasukan cadangan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo seperti dilansir Antara.




Ribuan personel itu, tambah Sambodo, akan berjaga di tiga titik. Di antaranya, Gedung DPR/MPR, Tugu Proklamasi, dan Istana Merdeka.




"Hasil rapat tadi malam kemungkinan estimasi massa antara tiga sampai empat ribu di tiga titik tersebut," sambungnya.






Dia menambahkan, pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di tiga titik demo. Pengalihan arus di DPR/MPR dan Tugu Proklamasi diberlakukan secara situasional.




"Artinya buka tutup arus dilakukan setelah ada massa. Tapi khusus Istana Negara (Merdeka) mulai tadi sudah dipasang barrier sama seperti pegamanan unjuk rasa sebelumnya," beber Sambodo.




Tak hanya itu, kawasan Patung Kuda, Harmonj, Gambir, hingga Jalan Veteran akan dipasang barrier. Hal itu dilakukan guna menjaga ketertiban, keamanan dan kenyamanan bagi pengunjuk rasa maupun masyarakat umum.




"Oleh sebab itu saya mengimbau kepada masyarakat mulai siang nanti untuk menghindari kawasan Jalan MH Thamrin, kawasan DPR/MPR, Tugu Proklamasi supaya tidak terjadi kemacetan," tutup dia. 

Terkini