Mahfud Ingatkan Paslon Yang Buat Kerumunan Di Hari Terakhir Kampanye, Hari Pertama Bebas? - SWARAKYAT NEWS

Mahfud Ingatkan Paslon Yang Buat Kerumunan Di Hari Terakhir Kampanye, Hari Pertama Bebas?

Mahfud Ingatkan Paslon Yang Buat Kerumunan Di Hari Terakhir Kampanye, Hari Pertama Bebas?



SWARAKYAT.COM - Hari terakhir kampanye Pilkada Serentak 2020 yang jatuh hari ini diharapkan berlangsung tertib dan tidak melanggar protokol kesehatan.

 

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD menyatakan, pasangan calon (paslon) akan diberikan sanksi jika membuat kerumunan.

 

"Kepada tim kampanye masing-masing, kepada paslon, sanksi masih tetap menanti kalau Anda pada hari terakhir ini melakukan pelanggaran," ujar Mahfud dalam siaran pers yang diterima Sabtu (5/12).

 

Lebih lanjut, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini melihat potensi kerumunan sangat tinggi pada hari terakhir kampanye Pilkada. Mengingat, para paslon kerap kali memanfaatkan secara maksimal kesempatan tersebut untuk meraih simpatik pemilih.

 

Biasanya di hari terakhir emosi ditumpahkan sekaligus lalu bikin kerumunan dan sebagainya. Tolong dijaga," tegasnya.

 

Oleh karena itu, Mahfud MD meminta semua pihak untuk mengawasi betul pelaksanaan kampanye terakhir ini. Sebab, hingga hari ke-71, Mahfud menerima laporan adanya temuan pelanggaran sebanyak 1.520 kasus dari 75 ribu kegiatan yang dilakukan pada masa kampanye.

 

Namun, pelanggaran yang terjadi masih dalam skala kecil dan tidak menimbulkan klaster baru Covid 19.

 

Terus kerumunan di Hari Pertama saat Pendaftaran bebas gitu pak? Tidak kena sangsi?

 

Biar Habib Rizieq saja yang kena sangsi denda Rp 50 Juta. Dan masih terus diuber-uber. Gitu pak? Tolog dijawab, rakyat kecil cuma bisa bertanya.